Berkisah merupakan salah satu metode belajar yang paling efektif

  • By Lamsz Indonesia
  • 16 Feb, 2021
Berkisah merupakan salah satu metode belajar yang paling efektif

Keluarga muslim betapa istimewanya sejarah untuk Pendidikan anak-anak kita, dan perlu dipahami bahwa betapa luar biasanya sejarah ini membentuk pondasi awal, mereka baru mengenal untuk mengimani Rabbnya, belajar beribadah, karena Allah Subhanhuwata’alla menurunkan Qur’an sepertiganya adalah sejarah dari kisah-kisah umat terdahulu.

Kisah-kisah umat terdahulu dalam Al Qur’an dikisahkan kepada Nabi Muhammad di fase Makkah. Manna’al Qaththan dalam Mahabits fi ‘ulum al Quran menyebutkan salah satu ciri Surat Makkiyah adalah setiap surat yang di dalamnya terdapat kisah para Nabi dan umat terdahulu, maka itu adalah Makiyyah kecuali Surat Al Baqarah.

Kita semua tahu bahwa Makkah adalah fase pembentukkan pondasi umat. Saat mereka mulai mengenal Islam, maka penguatan pondasi aqidah dan akhlak sangat efektif dengan menggunakan kisah

Selanjutnya, mari kita lihat kalimat Zainul Abidin Ali bin Husein bin Ali bin Abi Thalib, “Kami diajari perang-perang (sejarah) Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam seperti kami diajari salah satu surat dalam Al-Qur’an.”

Jika Al-Qur’an merupakan panduan inti dan utama yang harus dipelajari oleh seorang muslim, itu artinya sejarah hampir disejajarkan dengan Al-Qur’anul Karim.

Sayang sekali ketika hari ini kita menganggap sejarah adalah sebuah pelajaran yang amat sangat membosankan. Bahkan kita tidak merasa berkeperluan karena kita tidak terlibat dalam sejarah itu.

Maka di awal inilah kita harus tahu bagaimana dan apa pentingnya kita memasuki sejarah.

Ulama Imam Az Zuhri berkata “Ilmu Maghozi (tempat/waktu peperangan/sejarah) adalah merupakan ilmu dunia dan akhirat” walau sangat penting posisi sejarah dan kisah, namun belum mendapat porsi yang besar dalam Pendidikan hari ini.

dikutip dari Lentera Sirah Anak

Download Kisahkan

Kisahkan bisa di download gratis, untuk Andorid (Playstore) dan untuk iOS (AppStore)

Stories